RSS

Bagaimana Menghentikan Pikiran Dalam Meditasi?

13 Jul

Ini adalah pertanyaan legenda yang sering ditanyakan baik seorang praktisi pemula maupun yang sudah intermediate dalam bermeditasi yaitu “gimana sih menghentikan pikiran kita saat bermeditasi?”

Ketika kita bermeditasi kuncinya adalah fokus, namun acapkali pikiran kita tidak bisa di kontrol, pikiran kita selalu keluar-masuk, imajinasi dari masa lalu hingga masa depan datang silih-berganti, orang selalu berusaha keras untuk menghentikan pikiran ini. Sebelum saya menjawab pertanyaan ini, saya ingin bertanya mengapa anda ingin menghentikan pikiran? Pikiran manusia adalah sebuah misteri yang telah berevolusi selama ribuan tahun…

Akankah anda berusaha menghentikan pikiran anda ketika menghasilkan kesenangan untuk anda? namun pada kenyataanya pikiran menghasilkan banyak ketidaksenangan, karena itu anda berusaha menghentikan pikiran… Kita hanya bisa menghentikan pikiran kita ketika jantung, hati dan ginjal anda juga berhenti! Mengapa kita meng-anaktirikan pikiran kita? sedangkan ketika jantung anda berdetak anda masih tetap bisa bermeditasi, ataupun ketika hati dan ginjal anda bekerja-pun anda masih tetap bisa bermeditasi… lalu kenapa ketika otak anda bekerja maka anda tidak bisa bermeditasi?? apakah anda tidak menyukai kecerdasan? šŸ™‚

Ketika anda duduk bermeditasi, tubuh anda berada di tempat sedangkan pikiran anda akan mengembara ~bisa saja berada diatas awan, di puncak gunung ataupun ditempat lainnya, namun raga anda tetap dan tidak berpindah… artinya ada jarak antara tubuh fisik dan aktifitas pikiran anda, jadi pikiran bukanlah suatu masalah karena adanya jarak tadi bukan? Amati dan perhatikan saja pikiran anda, ini seperti ketika anda melihat anak kecil yang aktif, mereka terus bergerak dan bermain dengan lincahnya dan ada waktunya ketika disaat mereka lelah, mereka akan diam dan akhirnya tertidur… sama halnya dengan pikiran kita, dia akan berhenti ketika sudah lelah.

Lalu bagaimana jika pikiran itu mengalir tanpa henti? Itu artinya ada yang salah dari makanan yang anda konsumsi (secara spiritual). Ketika anda tidak dapat mengedintifikasin diri anda dengan sesuatu yang bukan diri anda, sekuat apapun anda berusaha maka pikiran tidak akan pernah berhenti, anda tidak bisa lagi mengendalikannya. Pikiran tidak harus menceritakan kisahnya sendiri sepanjang waktu, ia seharusnya menceritakan kisah yang ingin anda ceritakan, bukan?

Silahkan follow INSTAGRAM dan YOUTUBEĀ 
.
#meditasi #pikiran
.
.
source : sadhguru

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 13, 2020 inci Life, Spiritual

 

Tag: , , , , , , , , , , , ,

Let's discuss with another...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: