RSS

Melatih Element (Unsur) Spiritual

17 Okt

        Pada Filsafat Tiongkok Kuno, dijelaskan bahwa kelima unsur bumi (kayu, api, tanah, logam, air) merupakan bagian energi yang membentuk kehidupan manusia. Api mengontrol jantung dan darah, Kayu mengontrol hati, empedu, kaki dan tangan, dan apabila terdapat ketidakseimbangan pada salah satu elemen tersebut misalkan ada gangguan pada logam yin (xin) maka akan berpengaruh pada paru- paru. Setelah mengkorvesikan bagan lahir kedalam kalender Hsia, akan diketahui unsur diri kita, elemen yang dominan dan elemen lemah sehingga kita dapat memperkuat elemen (unsur) tersebut menjadi lebih kuat, menyeimbangkan bahkan melemahkannya.

Pembacaan Ba Zhi (Pa Che) dapat digunakan untuk mengetahui peta kehidupan seseorang. Ba Zhi tidak dapat mengubah takdir seseorang yang telah digariskan namun dengan perhitungan Ba Zhi kita dapat mengubah nasib buruk menjadi lebih baik dengan cara mengambil keputusan yang benar, menangkap peluang, menghindari kehidupan yang buruk dan membuka jalan baru dengan mengubah alur energi positif disekitar kita. Ba Zhi ini lebih diterapkan secara nyata dalam perjalanan hidup seseorang, namun secara spiritual energi elemen tersebut juga perlu dilatih agar kehidupan kita menjadi lebih sehat dan bahagia.

Pada dasarnya unsur diri seseorang dapat dilihat dari bagan jam pada pilar langit (TianGan), kemudian akan disinkronisasikan pada bagan unsur lainnya sehingga menciptakan suatu siklus yang harmonis. Melatih unsur adalah suatu hal yang baru, karena sifatnya metafisika maka secara sains belum dapat dipublikasikan, namun secara spiritual melatih elemen dalam tubuh kita akan memberikan sensasi dan energi yang murni. Energi Elemen berasal dari bumi dan memenuhi semua ruang disekitar kita, dalam teorinya kita akan lebih mudah menyerap energi alam ini, namun bila kita hanya menyerap tanpa menampungnya maka energi itu hanya akan lewat sama halnya sebuah ember yang bawahnya berlubang, ketika anda mengisinya dengan air maka air itu akan keluar terus sehingga ember itu akan tetap kosong.

Untuk melatih elemen, kita memerlukan unsur langit dimana disini adalah energi bintang. Ketika energi langit dan energi bumi bertemu, disitulah manusia sebagai bejana untuk mengolahnya didalam tubuh dan disekitar mereka. Pada awalnya latihan ini dapat dilakukan dalam posisi duduk/ bersila, setelah terbiasa dapat juga dilakukan ketika berbaring maupun berdiri. Latihan ini sifatnya mengumpulkan energi melalui kedua telapak tangan, membentuk energi bulat seperti bola yang kenyal namun berisi, kemudian energi itu dimasukan kedalam Dantian yang dikenal sebagai medan energi yang letaknya diantara pusar dan cakra seks. Selanjutnya Energi pada Dantian itu akan mengalir memutari tubuh kita membentuk siklus, membersihkan dan membawa energi negatif bersamaan dengan hembusan nafas. Untuk mempelajari lebih lanjut akan di posting pada thread berikutnya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 17, 2019 inci Life, Spiritual, Uncategorized

 

Tag: , , , , , , , , , ,

Let's discuss with another...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: