RSS

Keheningan Meditatif

11 Sep

071817_silentmeditation

     Para pembaca mungkin sudah tidak asing dengan Ber-meditasi. Banyak kata yang dapat diungkapkan dalam kata meditasi, ada yang mengatakan bertapa, lelaku spiritual, bahkan juga dapat dikatakan sebagai doa tergantung dari siapa dan kalangan mana yang menyebutkannya. Acapkali kita sering mendengar istilah bahwa meditasi yang berhasil harus dapat masuk dalam keheningan. Lalu seperti apakah KEHENINGAN yang dimaksud?

Keheningan itu bukanlah sesuatu yang dapat ditangkap oleh pikiran, bukan keheningan suatu senja yang sunyi, melainkan keheningan yang muncul apabila pikiran, dengan segala citra, kata-kata dan penyerapannya telah berhenti sepenuhnya. Jiwa meditasi ini adalah jiwa yang religius, batin yang meletupkan cinta kasih.

Meditasi yang penuh Cinta Kasih ini tidak kenal pemisahan. Baginya, jauh adalah dekat. Ia bukan yang satu atau yang banyak, melainkan keadaan cinta kasih yang di dalamnya semua pemisahan berakhir. Seperti keindahan, ia tak dapat diukur oleh kata-kata. Dari keheningan sendiri itulah batin yang meditatif bertindak.

 

Your mind is just like a river. Thoughts and thoughts and a crowd of thoughts go on passing. You simply sit by the bank, unconcerned, just a witness, and you are in for a great surprise. Slowly slowly, as you become more and more centered and simply a witness, thoughts start disappearing – OSHO

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 11, 2018 inci Life, Spiritual, Uncategorized

 

Tag: , , , , , , , , ,

Let's discuss with another...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: