RSS

Puasa

26 Jul

        Di Indonesia, terutama bagi umat muslim, puasa adalah hal yang wajib dilakukan pada bulan Ramadhan. Dilakukan untuk menahan rasa lapar dan haus menghindari segala hawa nafsu yang dapat membatalkan puasa. Dalam dunia kesehatan, hasil penelitian meta analisis dan jurnal lokal negara- negara islam selama tahun 1960- 2009 menunjukan banyak mukjizat yang terkait puasa seperti menyeimbangkan anabolisme dan katabolisme yang membantu peremajaan sel, penurunan glukosa dan berat badan, baik bagi kesehatan jantung dan lainnya. Lalu mengapa pertapa yang sedang menimba ilmu juga melakukan puasa dan apakah umat agama lain selain muslim juga melakukannya? 

Umat beragama lain selain muslim ternyata juga melakukan hal puasa dengan alasan yang tidak jauh berbeda. Umat Kristen berpuasa sebagai simbol pertobatan dan melawan keinginan duniawi, Umat Katolik juga wajib berpuasa pada Rabu Abu dan Jumat Agung, Umat Yahudi pada hari besar Yom Kippur dan Tisha B’aV. Jadi, puasa tidak sekedar hanya dilakukan oleh umat agama tertentu saja dan bukan sesuatu yang aneh dalam hal meningkatkan kualitas hidup berspiritual.

Bagi pertapa dan orang lelaku spiritual, tindakan puasa sering diidentifikasikan sebagai sebuah ritual untuk meningkatkan suatu ilmu yang sedang dilatihnya. Seorang lelaku spiritual biasanya tidak boleh makan dan minum setelah jam 3 pagi dan kembali boleh makan jam 6 sore atau saat maghrib, namun hal tersebut tidaklah suatu kepastian, karena mereka dapat mengatur sendiri tata cara dan waktu berpuasa mereka sendiri. Untuk memulai berpuasa dapat dilakukan pada hari- hari khusus yang dipercaya menurut tradisi kejawen dan hari mistis sebagai hal yang baik untuk menimba ilmu, misalnya Puasa Neptu yang merupakan warisan Kanjeng Sunan Kalijaga, meringkas puasa 40 hari yang cukup berat dengan hanya dilakukan 3 hari pada hari khusus : Rabu Pon- Kamis Wage- Jumat Kliwon, dilakukan untuk mencari petunjuk kemana kita harus berjalan, meminta keinginan tercapai dan menuntut ilmu untuk memperoleh pengetahuan. Sama hal nya dengan Selasa Kliwon- Rabu Legi- Kamis Pahing untuk hal pengasihan, dan lainnya.

Selain hari- hari khusus tersebut, hal berpuasa dalam lelaku spiritual juga dapat dilakukan secara rutin pada tiap hari senin dan kamis, dipercaya segala hal yang dilakukan dan diinginkan dalam kehidupan sehari- hari dapat berhasil disamping juga dapat menyehatkan tubuh secara jasmani dan rohani. Karena itu jangan kuatir dan taut dosa terkait hal yang dilakukan dalam berpuasa yang seringkali dikaitkan dengan mistis dan ilmu hitam, orang yang berpikiran pendek seperti itu hanya akan mengotaki dirinya dan terkukung pada luasnya dunia spiritual.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 26, 2017 inci Life, Motivation, Spiritual

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

Let's discuss with another...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: