RSS

Mengenal asal -usul UNSUR (Elemen)

11 Apr
Mengenal asal -usul UNSUR (Elemen)

Unsur atau elemen cukup terkenal baik pada masyarakat umum maupun pelaku spiritual. Pada budaya barat mengenal 4 unsur dasar yaitu api, air, tanah dan angin, berbeda dengan budaya timur yang memperkenalkan 5 unsur yang saling berinteraksi yaitu kayu, api, tanah, logam dan air. Dipercaya unsur- unsur tersebut merupakan intisari pembentuk alam semesta dan makhluk hidup dan setiap unsur mewakili fungsinya masing- masing yang bisa saling berinteraksi ataupun berdestruction. Karena itu para pelaku- pelaku spiritual sejak ribuan tahun yang lalu sudah merumuskan fungsi unsur- unsur tersebut dalam ramalan- ramalan dan ajaran metafisika yang tidak sedikit membentuk sebuah ilmu yang hingga saat ini menjadi sebuah ilmu misteri seperti Taoisme, Feng Shui, Ba Zhi dan lainnya. Namun, banyak orang tidak tahu bahwa diluar itu ada 4 unsur dasar atau elemen mula- mula yang membentuk unsur- unsur diatas yaitu cahaya, kegelapan, ruang dan waktu. 

Dikatakan unsur/ elemen mula-mula karena keempat unsur ini yang menjadi kelahiran unsur- unsur lainnya. Awal mula alam semesta adalah gelap,, tidak ada satupun makhluk hidup yang terbentuk, kemudian munculah sepercik cahaya yang semakin lama semakin terang dan menyinari seluruh jagat raya. Sinar yang terang tersebut memperlihatkan ruang yang sangat luas dan tak berujung dan di ruang ini nantilah seluruh kehidupan terbentuk. Roda waktu berputar mengatur terbitnya cahaya dan kegelapan, seiring perjalanannya terbentuklah 5 unsur yang menjadi cikal bakal kehidupan. Kayu bertumbuh berinteraksi dengan bumi, menghasilkan oksigen (unsur angin/ udara) dan menjadi pelindung dari radiasi sinar matahari. Kayu menghidupkan api dan menghasilkan tanah. Zat yang terkandung dalam tanah selama ratusan bahkan ribuan tahun itu membentu berbagai unsur logam yang kemudian terkikis menghasilkan air. 70% daratan di bumi tertutup oleh air yang memberi kehidupan pada kayu dan makhluk hidup lainnya.

Acapkali unsur Cahaya dan Kegelapan dijadikan sebuah gambaran antara kebaikan dan kejahatan,namun sebenarnya itu tidak benar, cahaya dan kegelapan sesungguhnya hanya dibatasi seuntai benag, tak ada yang namanya baik selamanya ataupun jahat selamanya, kejahatan juga hidup dalam kebaikan dan sebaliknya. Lalu mengapa selama ini kita hanya mengenal 4 atau 5 unsur saja dalam ilmu metafisika bahkan dalam filsafat- filsafat Tionghoa ribuan tahun? Dipercaya bahwa keempat unsur mula- mula itu hanya dimiliki oleh Para Dewa, total kesembilan unsur tersebut sepenuhnya berasal dari suatu hal yang misterius atau dalam bahasa yang mudah dimengerti saya sebut Dewa, karena itu dalam kepercayaan anga/ jumlah kesembilan selalu dikaitkan dengan kesempurnaan, sebuah nilai angka tunggal tertinggi. Menurut filsafat kuno, seseorang yang mampu mempelajari ataupun menembus salah satu unsur mula- mula tersebut akan menjadi Dewa! Perlu diketahui bahwa keempat unsur mula- mula itu sebenarnya uga sudah tertanam dalam setiap individu, bagaimana cara mengeluarkan dan melatihnya akan dibahan di Post lainnya.

Artikel Terkait :

Feng Shui (Unsur)

Unsur (Advance)

Unsur Diri (Ri Zhu)

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 11, 2017 inci Life, Spiritual, Uncategorized

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Let's discuss with another...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: